Seputar Hukum Keluarga Berencana [KB]

Fatwa Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah:

Pertanyaan: Apakah KB (pengaturan kelahiran) berbeda dengan pembatasan jumlah keluarga?

Jawab: KB (birth control) mempunyai beberapa detail di dalamnya. Maka, aku katakan bahwa hal ini telah dikenal dan digunakan dalam masyarakat muslim. Namun, ada beberapa kasus yang harus dikembalikan pada niat atau motif di belakangnya. Salah satu contoh dari motif penggunaan KB ini adalah berdasarkan petunjuk dokter yang menganjurkan kepada pasangan untuk ber-KB untuk menyelamatkan kesehatan ibu yang telah berada dalam keadaan yang bukan normal karena telah melahirkan banyak anak. Maka jika seorang dokter muslim yang ahli menganjurkan untuk ber-KB, maka ini menjadi alasan yang sah (diperbolehkannya) untuk ber-KB.
Alasan untuk menggunakan KB seperti itu adalah diperbolehkan. Namun untuk alasan yang bertolak belakang dari motif yang tadi, seperti karena alasan kemiskinan atau karena biaya, yang biasanya selalu berada di pikiran orang kafir, (maka itu tidak boleh). Makanya kalian lihat seorang diantara mereka (orang kafir) berkata: “Istri saya dan saya berdua, dan saya punya anak dua, sedangkan anggota keluarga yang kelima adalah anjingnya. Maka gaji yang saya terima hanya cukup untuk kami berlima!”
Ini tidak diperbolehkan dalam Islam karena alasan ini datang dari pikiran jaman Jahiliah, yang kita diperingatkan untuk menjauhinya. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:
“Dan janganlah kamu bunuh anak-anak kamu karena takut miskin. Kami memberi kamu rizki dan juga mereka.” (Al An’am: 151)
Hal ini terutama dimana terjadi seorang muslim meyakini bahwa anak itu menjadi tanggungannya. Sedangkan sebenarnya adalah bahwa rizki si anak sudah ditentukan semenjak dia berada di kandungan ibunya, seperti yang diterangkan oleh sunnah. Maka KB seperti ini adalah sangat dilarang. Dan untuk alasan yang tak berdasar dan salah yang diucapkan sebagian orang untuk membolehkannya, maka itu tidak ada tempatnya dalam agama. (Majalah Al Salah edisi ke-2)

[sumber: http://groups.yahoo.com/group/assunnah/message/5273%5D

http://al-atsariyyah.com/hukum-program-keluarga-berencana.html

20120918-112658.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s